Kamis, 27 Oktober 2011

Akankah Koala Punah?

PULAU Kangguru adalah sebuah pulau yang terletak di bagian selatan benua Australia. Seperti namanya, populasi utama pulau ini adalah hewan Kangguru.

Namun sejak tahun 1920an, populasi koala pun muali meruak di pulau ini, dengan jumalh yang hampir sama banyaknya dengan populasi kangguru.

Namun saat ini koloni koala di pulau ini terancam punah. Suatu retro-virus yang mirip dengan virus AIDS mulai menginfeksi pulau ini. Sebuah analisis seperti dikutip dari CNNGo, Rabu (26/10/2011), menyebutkan bahwa pada tahun 2004 tidak ada indikasi infeksi dari virus ini. namun pada tahun 2006, persentase infeksi melonjak menjadi 15 persen dan terus bertambah sehingga pada tahun 2009 menjadi 36 persen.

Virus ini menyebabkan berbagai penyakit pada koala, termasuk lymphoma, leukemia, tumor ganas dan gangguan defisiensi imun. Para ahli koala di pualu ini belum dapat menemukan apa yang menyebabkan virus ini dapat berkembang dengan cepat, namun mereka menyatakan bahwa dampak potensial terhadap koala di pulau kangguru ini cukup serius.

Meskipun begitu, pemerintah negara bagian Australia Selatan menyatakan bahwa virus ini bukanlah ancaman. Juru bicara Departemen Lingkungan dan Sumber Daya Alam mengatakan bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa koala di Pulau Kangguru akan punah karena retrovirus. Bahkan menurut mereka, sebenarnya memang dibutuhkan pengurangan populasi koala hingga angka tertentu di Pulau Kangguru karena terlalu berlimpahnya jumlah koala di sini.

Pulau Kangguru adalah salah satu destinasi utama di Australia, dengan jumlah pengunjung mencapai angka 190 ribu setiap tahunnya, menambah pemasukan bagi masyarakat local pulau ini.

Selain koala dan kangguru sebagai penghuni utama pulau ini, juga dihuni flora dan fauna asli Australia seperti walabi, possum, anjing laut berbulu, singa laut, dan echidna.

Sumber : http://travel.okezone.com/


0 komentar:

Posting Komentar

Related Post

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More